Begini Strategi Bisnis Online Tanpa Modal yang Terbukti Berhasil

Begini Strategi Bisnis Online Tanpa Modal yang Terbukti Berhasil

Cara Bisnis Online Tanpa Modal
Cara Bisnis Online Tanpa Modal

Pebisnis Zaman Now sangatlah diuntungkan dengan keberadaan jaringan internet yang sangat mudah dan murah untuk diakses. Situasi ini makin terdukung dengan keberadaan warga net alias pengguna internet yang jumlahnya terus bertambah dari hari ke hari. Sebab, kondisi tersebut memungkinkan Anda berpromosi secara online yang minim biaya.

Seperti diketahui, pemasangan iklan secara konvensional di televisi, radio maupun surat kabar akan makan biaya yang lumayan. Di sisi lain, promosi lewat media konvesional juga sangat terbatas dari segi waktu di mana ketika kontrak iklan habis, iklan harus dicabut. Anda pun harus membayar lagi ketika ingin memasang iklan baru, maupun ketika ingin memperpanjang durasi pemasangan iklan.

Di sisi lain, keterbatasan juga terasa di aspek keterjangkauan konsumen. Sebab di zaman sekarang, tidak semua orang menonton televisi sepanjang waktu, mendengarkan radio ataupun membaca Koran. Sebaliknya, orang-orang cenderung untuk membuka internet dan Youtube untuk mencari informasi apa saja. Inilah salah satu alasan mengapa pemasangan iklan atau promosi produk di media konvensional kurang begitu memuaskan.

Berpromosi via online juga akan efektif, terutama bagi orang-orang yang punya permodalan usaha yang masih terbatas. Namun jangan sembarang berpromosi. Ada strategi yang harus dijalankan agar promosi produk kita di dunia maya sanggup membuat warga net tertarik. Tidak hanya tertarik, promosi online yang berstrategi idealnya akan membangkitkan minat calon konsumen untuk membeli barang yang ditawarkan.

Baca juga : Ingin Memiliki Bisnis Sendiri? Coba 12 Bisnis Online Tanpa Modal Ini!

Lantas bagaimana cara berpromosi online secara efektif. Sebaiknya Anda simak uraian berikut ini untuk mengetahui langkah-langkahnya:

  1. Menentukan Target dan Segmentasi Pasar

Karakter pasar harus kita pahami sebelum melakukan promosi online agar tidak salah sasaran. Anda harus betul-betul memahami karakteristik produk barang atau jasa yang Anda pasarkan. Ada produk-produk yang diperuntukan untuk anak-anak, tapi ada juga yang diminati remaja dan orang tua. Anda harus melakukan riset terlebih dahulu sebelum melakukan promosi online.

  1. Membuat Website dan Jejaring Sosial

Agar produk Anda lebih meyakinkan, Anda bisa membuat website khusus yang memuat tentang informasi lengkap mengenai produk Anda. Di dalam website tersebut setidaknya memuat tentang profil, keunggulan dan testimoni-testimoni tentang produk Anda. Jangan lupa untuk menyematkan tata cara order dan transaksi pembelian yang sederhana agar konsumen tidak bingung lagi ketika ingin melakukan pembelian.

Jika Anda masih bingung tentang cara membuat website yang menarik, jangan ragu untuk membuat rencana pemasaran. Mintalah bantuan kepada konsultan andal atau developer yang bisa membantu merancang atau memperbaiki tampilan website Anda.

Anda juga bisa menggunakan jasa digital marketing sehingga dapat membantu Anda meningkatkan traffic pengunjung, misalnya dengan memanfaatkan Google Adwords, menggunakan Search Engine Optimization (SEO) dan facebook Ads. Mereka semua merupakan fitur-fitur yang memungkinkan iklan kita dapat terbaca utama oleh mesin pencari.

  1. Memaksimalkan Penggunaan Sosial Media

Ada banyak ragam sosial media yang bertebaran dan jadi ajang narsis maupun eksis para warga net. Di antara media-media tersebut yakni Facebook, Instagram, Twitter, Line, Path dan yang lainnya. Para pebisnis oline bisa memanfaatkan keberadaan media sosial tersebut untuk mempromosikan produk-produk mereka secara luas.

Anda bisa membuat kata-kata promosi sembari menampilkan foto-foto produk Anda yang menarik. Dengan masifnya promosi di media sosial, warga dunia maya akan segera menyadari keberadaan produk Anda, dan di antara mereka diharapkan akan membeli.

Guna mengoptimalkan peran media sosial, Anda juga bisa bekerja sama dengan akun-akun selebritas maupun selebgram. Dengan transaksi tertentu, Anda bisa memasang iklan melalui akun-akun mereka. Cara seperti ini terbukti efektif untuk meningkatkan penjualan melalui promosi online.

***

BONUS: Cara Mantap Memulai Bisnis Online

Jika sedari tadi kita telah membicarakan tentang cara berbisnis online tanpa modal, mungkin sebagian dari Anda masih awam dan kebingungan dengan bagaimana cara memulainya. Ketika semua orang hari ini membicarakan tentang bisnis online, kita yang masuk kategori pemula pastinya penasaran dan ingin juga ikut terjun untuk juga ikut menuai kesuksesan.

Nah, pertanyaan penting yang perlu dijawab adalah, bagaimana cara memulai bisnis online dengan mantap? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut ini kami sajikan sejumlah uraian, bagaimana Cara Memulai Bisnis Online Bagi Pemula:

  1. Tetapkan Niat, Hilangkan Gengsi

Meski terdengar mudah, tapi bisnis online sama dengan bisnis lainnya yang harus diawali dengnan niat yang teguh serta jangan melulu mendekap gengsi. Apapun jenisnya, penggarapan bisnis online harus dilakukan secara serius. Bukti keseriusan dapat terlihat dari cara Anda memberdayakan sejumlah perangkat semisal gawai (gadget), pengupayaan koneksi internet serta ketersediaan waktu yang cukup untuk mengelola bisnis online Anda.

Jika Anda memilih bisnis online di bidang pemasaran barang maupun jasa, hilangkanlah rasa gengsi di hati. Berjualan barang yang baik merupakan salah satu cara memeroleh rezeki yang halal. Jika Anda mendapati calon konsumen menolak atau mengkritik produk Anda, jangan lantas patah semangat. Sebab, kritik harus dijadikan bahan perbaikan diri. Di sisi lain, masih banyak konsumen lainnya yang pastinya membutuhkan barang tersebut.

  1. Buat Bisnis Online Anda Spesifik

Banyak ragam bisnis online yang bisa Anda pilih. Anda harus memilih salah satu dan berfokuslah para perintisan dan pengembangannya. Ragam bisnis online di antaranya:

– Bisnis online bidang pemasaran barang dan jasa (menjadi reseller dan dropshipper)

– Bisnis online bidang kepenulisan dengan menjadi blogger profesional maupun penulis lepas

– Bisnis online bidang kreatif. Misalnya Anda menjadi selebgram, di mana Anda membangun image agar menjadi idola oleh publik maya. Salah satu contoh, Anda memproduksi video atau foto-foto keren dan lucu sehingga mengundang publik di media sosial untuk menyukainya.

Setelah memilih jenis bisnis online secara spesifik, Anda pun bisa fokus pada perintisan usaha. Nikmatilah proses perintisan tersebut, meski Anda mungkin akan menemui kesulitan dan rasa bosan. Tetaplah online dan melakukan promosi dan sosialisasi secara kreatif agar publik maya bisa mengapresiasinya secara optimal.

  1. Kreatif Berpromosi

Ketika menggeluti bisnis online, Anda akan dihadapkan pada para pesaing yang juga memiliki bisnis online serupa. Di situasi tersebut, Anda harus bertahan dan mengembangkan kreativitas Anda agar tidak kehilangan konsumen.

Iringilah aksi berpromosi dengan niat ingin menjadi lebih bermanfaat bagi orang lain. Niat mulia tersebut nantinya akan membuat Anda punya kekuatan untuk berkreasi, serta belajar tentang strategi promosi dan sosialisasi yang efektif.

  1. Siapkan Waktu untuk Melayani Pelanggan Maya

Setelah Anda berpromosi dan melakukan sosialisasi untuk bisnis online Anda, akan ada respons balik (feed back) dari warga net. Di sini pekerjaan Anda harus dilanjutkan dengan melayani segala respons yang bermunculan, dari mulai pertanyaan untuk menjawab kepenasaranan, pertanyaan sekadar iseng, maupun pertanyaan serius yang dilanjutkan dengan proses transaksi rill.

Demikianlah informasi tentang Strategi Promosi Online yang Terbukti Berhasil, serta bonus cara mantap menjalankan bisnis online bagi pemula. Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Baca Juga : Cara Mengoptimalkan Peluang Bisnis Online yang Mudah Dipraktikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *