Belajar Bisnis Online Dropship Tanpa Modal Untung Besar

Belajar Bisnis Online Dropship

Di era serba canggih seperti sekarang ini, masyarakat menginginkan segala kebutuhannya terpenuhi secara praktis. Seperti yang diketahui, kini kebutuhan masyarakat memang bisa terpenuhi secara mudah hanya dengan online saja. Sebut saja kebutuhan transportasi, makanan, pembayaran, belanja, dan masih banyak lainnya. Bagi anda yang ingin menjalankan bisnis pun, anda sangat disarankan untuk mencoba bisnis online. Misalnya dropship. Untuk membantu anda menjalankan bisnis dropship secara online, berikut kami bagikan ulasan mengenai belajar bisnis online dropship selengkapnya.

Belajar Bisnis Online Dropship

Dalam mempelajari bisnis online dropship, penting bagi anda untuk mengetahui apa itu dropship terlebih dahulu. Istilah yang satu ini seringkali disamakan dengan reseller. Padahal keduanya berbeda. Meski sama-sama jualan dengan memanfaatkan jaringan internet, keduanya berbeda dalam hal sistem kerjanya. Perbedaan keduanya bisa diketahui dari stok barang. Untuk reseller membutuhkan stok barang, sementara dropship tak memerlukan stok barang.

Dalam sistem kerjanya, dropship nantinya hanya perlu memilih supplier yang terbaik dan terpercaya. Produk yang dimiliki supplier tersebutlah yang nantinya ditawarkan kepada calon pembeli secara online. Begitu ada pemesan, maka dropshipper akan memberitahukan kepada supplier untuk mengirimkan barang dengan nama bisnis anda. Dalam memasarkan produk atau jasa, dropship hanya menggunakan gambar lengkap dengan spesifikasinya. Informasi tersebut didapatkan langsung dari supplier yang dipilih. Sistem kerja dropship memang lebih mudah dijalankan daripada reseller.

Cara Memulai Bisnis Online Dropship

Untuk memulai bisnis online dropship, ada beberapa langkah yang harus anda lewati. Adapun langkah memulai bisnis dropship ialah sebagai berikut.

Memilih Supplier

Supaya bisnis dropship yang anda jalankan memberikan keuntungan yang sesuai harapan, pastikan anda memilih supplier secara tepat. Untuk mendapatkan supplier yang terbaik dan terpercaya, anda bisa mempertimbangkan berbagai hal. Mulai dari produk yang ditawarkan, harga produk, biaya tambahan, opsi pembayaran, pengalaman, pengiriman, jangkauan bisnis, kostumisasi kemasan, kebijakan pengembalian, garansi, reputasi, legalitas dan masih banyak lainnya. Dengan mempertimbangkan beberapa hal tersebut, anda pastinya bisa menemukan supplier yang bisa dihandalkan demi kelancaran bisnis anda.

Setelah anda menemukan supplier yang tepat, anda bisa langsung menghubungi maupun mendatangi lokasinya untuk melakukan kerja sama. Dalam upaya kerja sama ini, anda juga harus menentukan harga jual yang disepakati bersama. Pastikan juga anda mendapatkan keuntungan dari penentuan harga jual tersebut. Sebagai pemula, anda bisa mengetes kualitas yang dimiliki supplier tersebut. Jika memang berkualitas dan menguntungkan, anda bisa menjalin kerja sama dalam hubungan baik jangka panjang.

Promosi

Langkah selanjutnya, anda bisa melakukan promosi sesuai dengan produk yang anda pilih. Akan terasa lebih mudah melakukan promosi apabila produk yang anda jual memang memiliki persaingan rendah namun angka permintaan yang tinggi. Untuk itu, alangkah baiknya jika anda mengetahui kondisi pasar terlebih dahulu. Dalam melakukan promosi ini pun, anda tak hanya bisa offline dari mulut ke mulut saja, akan tetapi juga online melalui media sosial, weblog, toko online dan lain sebagainya.

Mengingat promosi dilakukan secara online, maka pastikan anda menjelaskan setiap produk yang ditawarkan secara detail. Mulai dari gambar, spesifikasi, harga maupun keterangan lainnya. Pastikan juga anda menyematkan review yang menarik mengenai produk yang anda jual. Adanya konten yang menarik mampu meningkatkan daya tarik pembeli terhadap produk yang anda tawarkan. Selain itu, pastikan promosi ini dilakukan secara rutin agar dikenal lebih banyak calon pembeli.

Menangani Pelanggan

Dalam belajar bisnis online dropship, pastikan anda juga menguasai cara menangani pelanggan. Seperti yang diketahui, keinginan, kebutuhan dan karakter tiap pelanggan berbeda-beda. Penanganan yang perlu diberikan juga tak sama. Hal yang pasti, dalam menangani pelanggan, pastikan anda selalu bersikap ramah dan sopan. Selain itu, anda juga harus bersikap tegas. Untuk mengurangi tingkat stress yang mungkin akan anda alami selama menangani pelanggan, anda harus membuat syarat dan ketentuan terlebih dahulu agar dipahami oleh pelanggan.

Penanganan pelanggan ini tak hanya mencangkup saat hal pemesanan saja, akan tetapi juga kebutuhan transaksi. Untuk mengingatkan pelanggan agar melakukan transaksi terlebih dahulu sebelum mendapatkan produk, anda bisa kembali membuka obrolan. Anda bisa menanyakan apakah ia ingin memesan produk yang anda tawarkan. Jika iya, anda bisa memberitahukan opsi pembayarannya. Lakukan proses pengiriman setelah transaksi masuk. Penanganan pelanggan yang baik juga harus dilakukan ketika ada keluhan. Misalnya barang yang tak kunjung datang. Pastikan anda menjelaskannya secara sabar.

Keuntungan Bisnis Online Dropship

Saat anda belajar bisnis online dropship, anda pastinya akan mengetahui bahwa bisnis ini memiliki beragam keunggulan yang terbukti menguntungkan. Adapun keuntungan dalam menjalankan bisnis online dropship diantaranya yaitu:

Memperluas Jangkauan Pasar

Keuntungan yang satu ini dirasakan oleh supplier yang memiliki produknya. Dengan adanya bisnis online dropship, tingkat penjualan produk yang dimiliki supplier akan semakin meninggi. Hal ini dikarenakan dropshipper membantu memasarkan produknya secara lebih luas.

Untung Besar Meski Tanpa Modal

Bagi dropshipper atau pelaku yang menjalankan bisnis dropship, ia akan diuntungkan karena bisa mendapatkan penghasilan yang besar meski tak mengeluarkan modal sekalipun. Dikarenakan tak perlu stok barang, dropshipper tidak perlu membeli barang dari supplier. Selain itu, keuntungan yang didapatkan dropshipper juga bisa ditentukan sendiri dikarenakan harga produk yang ditawarkan supplier umumnya lebih murah.

Resiko Kecil

Keuntungan yang didapat dari bisnis online dropship selanjutnya ialah memiliki resiko yang sangat kecil. Seperti yang diketahui, dropship tak perlu stok barang. Dikarenakan hal tersebut, anda tak perlu cemas ataupun khawatir apabila tak ada pemesan. Anda tak akan dipusingkan dengan sisa stok produk yang ada. Selain itu, usaha ini juga bisa dijalankan sendiri tanpa membutuhkan karyawan. Hal ini juga menguntungkan anda karena tak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk menggaji karyawan.

Praktis

Bisnis online dropship juga terbukti praktis. Untuk menjalankan bisnis ini, anda tinggal menyalin produk lengkap dengan keterangannya untuk nantinya ditawarkan secara online. Pelanggan yang tertarik dengan produk yang anda tawarkan nantinya akan datang dengan sendirinya. Dalam menjalankan bisnis dropship ini pun, anda tak perlu melakukan pengiriman. Hal ini dikarenakan supplier akan melakukan pengiriman ke tempat tujuan sesuai dengan informasi yang anda berikan. Dalam produk yang dikirimkan tersebut pun sudah tertera nama bisnis anda.

Hemat Waktu dan Tenaga

Menjalankan bisnis dropship juga terbukti hemat waktu dan tenaga. Hal ini dikarenakan bisnis dropship bisa dilakukan dari mana dan kapan saja. Dengan demikian, anda tak perlu keluar rumah ataupun mengalami keterbatasan waktu. Apalagi sistem pengelolaan bisnis dropship yang mudah tentunya anda bisa lebih hemat waktu dan menggunakan sisa waktu luang yang ada untuk melakukan berbagai hal lainnya. Setelah mengetahui mudahnya menjalankan bisnis dropship lengkap dengan berbagai keuntungannya, pastikan anda tak ragu untuk belajar bisnis online dropship.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *