Kiat Belajar Bisnis Online Makanan Agar Cepat Sukses

belajar bisnis online makanan

Jualan online tidak terbatas bisa berupa produk fashion, peralatan rumah tangga, elektronik, kendaraan, sampai dengan makanan. Sekarang ini produk jenis makanan atau usaha kuliner dapat juga memakai toko online. Bahkan ini sangat disarankan, sebab market pasar untuk bisnis kuliner ini sangat tidak terbatas. Mungkin kelihatannya sulit karena biasanya konsumen dapat menyentuh dan juga merasakan makanan secara langsung. Tapi saat anda memilih bisnis online bidang makanan, tentu anda tidak bisa merasakan secara langsung bagaimana rasa makanannya. Lantas apa saja yang anda butuhkan jika ingin membuka usaha kuliner online ini? Anda bisa belajar bisnis online makanan di sini.

Bagi anda yang masih pemula, belajar bisnis online makanan sebenarnya tidak sulit. Anda bisa belajar dari panduan yang akan disampaikan dibawah ini. Panduan tersebut bisa dipakai untuk mendirikan bisnis kuliner online ini. Sehingga meski anda adalah seorang pemula, anda bisa menjalankan bisnis online makanan dengan lancar.

Tips Belajar Bisnis Online Makanan Untuk Pemula

Kalau anda membuka bisnis makanan secara offline, maka pelanggan yang bisa dijangkau hanyalah yang berasal dari daerah sekitar anda saja. Tetapi bila anda memulai bisnis makanan secara online, anda bisa mendapatkan pelanggan dari berbagai daerah. Jika anda masih bingung untuk memulainya, maka kali ini ada panduan untuk anda pelajari dalam memulai bisnis makanan secara online.

Pilih Jenis Makanan yang Ingin Anda Jual

Hal pertama yang harus dilakukan di dalam menjalankan bisnis kuliner atau makanan secara online adalah memilih apa jenis makanan yang ingin dijual. Sebaiknya anda menjual jenis makanan kering supaya tidak mudah basi. Sebab di dalam bisnis makanan yang dilakukan secara online. Makanan yang ada dijual akan dikirim ke tempat pembeli dan pastinya ini akan memakan waktu beberapa lama untuk makanan sampai ke tempat tujuan.

Jangan sampai makanan tiba di tangan pembeli dengan kondisi sudah basi. Selain itu, hanya sedikit agen pengiriman yang berani menerima pengiriman makanan basah. Karena resiko dalam menjual makanan basah lebih besar dibandingkan dengan jenis makanan yang kering.

Tentukan Merk Produknya

Selanjutnya saat anda sudah berniat untuk belajar bisnis online makanan, anda harus ingat dengan satu hal yang bisa menjadikan makanan anda populer yaitu merek. Anda harus membuat merek yang menggambarkan tentang bisnis makanan dan juga diri anda. Buatlah merek seunik dan sekreatif mungkin sehingga merek tersebut bisa benar-benar diingat dengan mudah oleh para konsumen. Berikan pula logo yang menarik bagi website anda. Logo tersebut nantinya bisa menggambarkan seperti apa bisnis makanan online yang anda jalankan saat ini.

Pakailah Website Untuk Jualan Online

Umumnya orang yang baru memulai membuka bisnis online mulai berjualan produk di sosial media atau blog pribadi milik mereka. Ini bukan hal yang salah bila dilakukan sebab perkembangan sosial media saat ini di masyarakat memang sangat besar. Tetapi akan lebih baik bila anda memakai sebuah website pribadi yang nantinya anda isi dengan berbagai macam produk makanan yang anda jual tersebut.

Hadirkan Kesan Pertama Yang Menarik

Ini berlaku bukan hanya dalam bisnis makanan saja, semua bisnis online harus memberikan kesan menarik apalagi pertama kalinya. Salah satu caranya bisa lewat foto atau gambar produk makanan yang ditawarkan. Anda bisa memasang foto atau gambar makanan yang dijual semenarik mungkin pada website atau blog toko online milik anda. Anda juga bisa memberikan foto seperti apa kegiatan produksi yang dilakukan. Usahakan pakai resolusi gambar yang tinggi bagi produk makanan. Bila memang diperlukan, anda dapat menyewa jasa fotografer khusus makanan agar hasilnya lebih maksimal.

Pilih Menu Andalan

Dari semua jenis makanan yang ditawarkan di dalam toko online milik anda pastinya ada satu atau beberapa makanan yang jadi andalan. Anda dapat menunjukkan hal itu pada para konsumen. Caranya adalah dengan membuat sebuah menu di dalam website yang berisi tentang menu andalan dari toko online anda.  Bisa juga dengan memberikan testimonial dari beberapa konsumen yang sudah pernah mencoba menu andalan milik anda. Ini tentu bisa menjadi perhatian untuk konsumen yang ingin membeli lewat toko online anda ini.

Tampilkan Deskripsi Makanan yang Anda Jual

Konsumen tentu tidak dapat mencicipi atau merasakan seperti apa rasa dari makanan yang anda jual. Sebab anda menjual makanan tersebut secara online. Salah satu cara agar bisa menciptakan imajinasi mengenai produk anda bagi para konsumen adalah lewat deskripsi produk yang dicantumkan.

Anda dapat menuliskan deskripsi secara umum makanan yang anda jual lalu apa saja keunggulannya. Dan anda juga dapat mencantumkan apa saja bahan atau komposisi yang ada dan digunakan dalam makanan tersebut. Bila memang dirasa resep menjadi hal yang tidak seharusnya dibagikan, maka anda tak perlu menuliskannya di dalam deskripsi. Tulis deskripsi produk semenarik mungkin. Ciptakan emosi konsumen sehingga mereka berminat dan tertarik untuk membeli makanan yang anda jual.

Siapkan Kemasannya

Mengapa kemasan menjadi salah satu hal yang penting? Hal ini karena makanan yang dijual akan dikirimkan dan bukan anda yang mengirimnya sendiri. Meskipun anda menggunakan agen kurir dan memberikan jaminan keselamatan dari makanan anda, tetapi anda harus tetap berjaga-jaga. Dengan cara membuat desain kemasan yang kuat, tahan banting dan bisa melindungi makanan anda selama dalam proses pengiriman.

Dengan demikian, anda tidak akan mendapati kekecewaan dari pelanggan. Karena makanan yang sampai di tangannya dalam kondisi rusak. Bagaimanapun, selera makan tentu akan timbul dari bentuk makanan itu sendiri. Jadi jangan sampai makanan rusak di tengah perjalanan dan membuat pelanggan menjadi tidak berselera untuk memakannya.

Manfaatkan Sosial Media Semaksimal Mungkin

Sosial media mempunyai peranan penting didalam proses promosi serta penjualan sebuah produk, apalagi untuk bisnis online makanan.  Anda bisa memanfaatkan berbagai macam sosial media yang ada untuk menjual produk disamping blog atau website yang anda pakai sebelumnya. Pakailah foto dan juga deskripsi produk yang menarik. Anda dapat memberikan tagging kepada teman di sosial media. Usahakan setiap foto ada tagging yang diberikan untuk orang yang berbeda

Selalu Mencari Inovasi Baru

Untuk menjalankan bisnis makanan agar tetap eksis, anda harus selalu mencari inovasi baru. Bukan cuma berkaitan dengan makanannya saja, tetapi juga terkait dengan strategi penjualan yang dilakukan. Anda dapat memulainya dengan mencari referensi tentang resep masakan yang baru dan saat ini sedang digemari masyarakat. Anda juga harus mampu untuk membaca lingkungan sekitar dan mengetahui apa yang masyarakat inginkan. Jangan sampai anda berhenti inovasi pada apa yang dihasilkan dan diberikan kepada konsumen.

Dari penjelasan tersebut anda bisa belajar bisnis online makanan dari berbagai cara yang sudah disampaikan di atas. Yang penting anda harus memiliki tekad yang kuat dan juga usaha yang keras agar bisnis online makanan yang dijalankan bisa sukses dan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *