Menelisik Bisnis Populer untuk Ibu Rumah Tangga Milenial

Bisnis Ibu Rumah Tangga

Bisnis Ibu Rumah Tangga

Ibu-ibu yang hidup di zaman milenial bukan lagi zamannya untuk hanya menunggu suami dan menerima uang belanja. Perempuan zaman now tetap berada di bawah tanggung jawab suami, tapi mereka juga selalu punya kesempatan untuk berperan aktif membantu keuangan keluarga, demi kemandirian finansial bagi dirinya dan anak-anaknya kelak.

Anda tidak mesti berkarier ataupun menjadi karyawan lantas terikat jam kerja. Anda tetap bisa berada di rumah, tapi juga berbisnis untuk mendatangkan sejumlah laba. Dengan cara ini, Anda tidak mesti melulu mengandalkan suami untuk memenuhu kebutuhan diri dan keluarga, jusrtu bisa turut mendukung keuangan di rumah tangga.

Lantas apa saja bisnis ibu rumah tangga yang kira-kira cocok untuk Anda yang hidup di zaman milenial. Untuk lebih jelasnya, mari simak uraian berikut ini:

  1. Selebgram atau Influencer

Ibu-ibu milenial cenderung ingin selalu menjaga penampilan yang memukau di segala kesempatan. Informasi yang begitu terbuka juga memungkinkan agenda penjagaan tubuh, kesehatan dan penampilan menjadi hal yang sangat mudah untuk para ibu muda.

Nah, bagi Anda yang memang rajin, telaten dan piawai menjaga penampilan dan pikiran, tidak ada salahnya untuk menjajal diri menjadi selebgram atau influencer yang berguna. Anda mungkin bisa berbagi tips kecantikan kepada para penggemar, atau berbagi inspirasi apa saja di setiap harinya.

Jika Anda memiliki akun Instagram, optimalkanlah peranannya sehingga Anda bisa memiliki banyak followers, likers dan pengomen yang berasal dari akun-akun asli. Ketika akun Anda tampak ramai dan poopuler, maka bersiaplah menyambut ragam kerja sama untuk endorse, paid promote dan kerja sama lainnya dari perusahaan atau toko online lainnya. Dari sanalah, uang akan berdatangan ke rekening Anda.

  1. Youtuber

Apakah Anda suka membuat video untuk merekam kegiatan seru atau aktivitas bermanfaat lainnya? Jika jawabannya “Ya”, tidak ada salahnya untuk membuat yang lebih rapi dan serius, lalu menguploadnya di Youtube. Jika Anda sudah memenuhi ketentuan tertentu, daftarkanlah Youtube Anda ke Google Adsense agar bisa dapat penghasilan dari iklan yang beredar dalam video Anda.

Jenis video yang bisa direkam bisa apa saja. Misalnya video tentang perjalanan, tips rumah tangga, tips parenting dan perkembangan anak maupun apa saja. Selain akan berpeluang menjadi konten kreator yang Anda, Anda juga sekaligus bisa mendapatkan penghasilan meski berdiam di rumah saja.

  1. Blogger

Teknisnys hampir sama seperti ketika Anda menjadi Vlogger di Youtube, sebab cara kerjanya sama-sama sebagai konten kreator. Hanya saja, perbedaan mencolok antara keduanya yakni dalam segi penyajian kontennya. Blogger tidak menyuguhkan video, melainkan ragam konten yang tersaji dalam bentuk tulisan.

Jadi, jika Anda merasa memiliki bakat dan minat di dunia tulis, menulis, yuk menjadi blogger yang profesional. Menyoal profesi blogger ini, Anda nantinya akan semakin bersemangat sebab terdapat sejumlah komunitas yang memungkinkan ibu rumah tangga eksis dan saling mendukung dalam bisnis dan sekaligus juga mempopulerkan blognya.

  1. Penulis Freelance

Menjadi penulis freelance juga sangat bisa menjadi bisnis ibu rumah tangga tanpa harus mengganggu kebersamaan Anda dengan keluarga. Jika blog Anda belum cukup efektif dalam mendulang rupiah, Anda bisa mengiringinya dengan menjadi penulis lepas.

Maksudnya, Anda menjadi semacam contributor yang dibayar untuk mengisi sejumlah blog populer. Tema da nisi tulisan pun nantinya menyesuaikan dengan permintaan dari klien.

  1. Jualan Online

Relasi dan jaringan yang dibangun para ibu-ibu rumah tangga juga bisa dimanfaatkan untuk sejumlah kegiatan yang lebih berfaedah, ketimbang untuk bergosip ria. Caranya yakni dengan berjualan online. Jadi, ketika Anda berkumpul dengan sesama ibu baik secara rill maupun dalam grup maya, Anda bisa saling bertukar informasi mengenai barang dagangan.

Ada sejumlah barang yang bisa jadi obyek jualan online, dari mulai peralatan masak, pakaian, makanan dan hal apa saja yang kira-kira akan laku di pasaran. Menyoal pengadaan barang, Anda bisa memulainya dengan menjadi reseller atau dropshipper, atau mungkin memproduksi sendiri jika memang punya cukup modal.

  1. Jualan Buku

Jadilah bagian dari pelopor dunia literasi dengan berjualan buku, baik secara online maupun offline. Seperti diketahui, pecinta buku terus bertambah, dan terwariskan dari generasi ke generasi. Anda sebagai ibu rumah tangga tentunya ingin menjadi bagian yang mendukung semangat baca bagi diri Anda, keluarga dan juga orang-orang sekitar, bukan?

Maka, mulailah mengoleksi buku dan menjadi pebisnis di bidang buku. Ini merupakan peluang bisnis yang cukup menjanjikan, sekaligus juga akan bermanfaat bagi upaya perbaikan bangsa. Dengan berbisnis buku, Anda juga bisa membantu para pecinta buku untuk berbelanja buku secara online.

Ini akan membuat para pecinta buku, terutama yang ada di daerah, jadi lebih mudah dalam mendapatkan buku-buku yang mereka inginkan tanpa perlu lelah pergi ke toko buku. Anda bahkan bisa sekaligus jadi punya banyak stok buku berfaedah dan mengapdet buku buku terbaru untuk kemudian dibaca oleh Anda dan keluarga.

Jika bisnis jualan buku terus berkembang, Anda bahkan bisa sedikit-sedikit merintis pendirian perpustakaan! Ini akan menjadi usaha yang sangat berharga, di masa selain perpustakaan, Anda juga bisa mendirikan kafe-kafe untuk menyuguhkan para pembaca yang datang.

***

Demikianlah informasi tentang bisnis ibu rumah tangga yang bisa Anda lakukan di rumah tercinta.

Sebenarnya, ada banyak ide bisnis yang bisa Anda kerjakan sembari mengurus rumah tangga. Apapun jenis bisnis yang nantinya Anda geluti, usahakanlah agar Anda senang melakukannya, dan tanpa ada unsur keterpaksaan. Selalulah menjaga mood Anda agar tidak stress.

Mengapa? Karena seorang ibu memang harus selalu bahagia apapun kondisinya. Sejatinya, kondisi ibu yang baik akan sangat berpengaruh pada kesehatan rumah tangga baik secara lahir maupun batin. Jadi, mari selalu pintar pintar menjaga hati agar dengana tau tanpa menjalankan bisnis, rezeki keluarga Anda selalu lancar tanpa kendala.

Akhir kata, kami berharap artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Meski begitu, ibu rumah tangga pastinya menyesuaikan profesi yang cocok dengan lingkungan tempat ia berumah tangga. Jika ia tinggal di desa, mungkin strategi berjualan online harus lebih gerncar dan secara rill, di mana pelanggannya mungkin adalah tetangga sendiri, dan ia menyesuaikan barang dagangannya untuk memenuhi kebutuhan di desa.

Tapi jika obyek yang dibisniskan adalah popularitas dan jasa, maka Anda tidak perlu merasa dibatasi oleh ruang dan waktu. Sebab, kita bisa terus berpromosi lewat media sosial kapan pun dan di mana pun ketika senggang menyapa.

Demikianlah informasi seputar bisnis ibu rumah tangga yang kira-kira cocok untuk Anda geluti sembari mengurus anak dan suami. Semoga Anda selalu bisa menjaga fokus dan prioritas, serta pandai membagi waktu antara bisnis dan keluarga. Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *