Panduan Efektif Belajar Bisnis Online Bagi Pemula

Belajar bisnis online

Apakah saat ini anda sedang ingin memperoleh penghasilan tambahan selain pekerjaan utama anda? Apa saat ini anda sedang mencari cara berbisnis online, ataukah mungkin anda adalah seorang pemula yang ingin belajar bisnis online? Anda sedang berada di tempat yang tepat. Kami berbagi informasi untuk anda tentang bagaimana cara  belajar bisnis online bagi pemula. Bisnis online itu banyak sekali macamnya, bahkan jika mungkin disebutkan satu persatu bisa membuat anda bingung.

Tapi belajar bisnis online bagi pemula penting sekali. Jika ingin menjadi seorang pengusaha online atau internet marketer yang sukses memang butuh waktu. Bahkan juga terkadang membutuhkan dana dan yang paling penting adalah mindset anda mengenai bisnis online itu sendiri. Bisnis online itu bukan bisnis yang membuat anda cepat kaya, apalagi bila anda masih pemula. Memang tidak semua jenis bisnis online akan cocok dengan anda.

Begini Cara Efektif Belajar Bisnis Online Bagi Pemula

Saat ini di internet banyak tersedia berbagai macam jenis bisnis online. Berdasarkan pengalaman yang sudah banyak beredar di internet,marketing, selama ini paling tidak ada 4 jenis bisnis online yang bisa anda pelajari

  1. Content Publisher

Ini merupakan seseorang atau perusahaan yang memberikan konten yang bermanfaat untuk pengguna internet dengan konsisten di blog atau website mereka. Baik itu konten berbentuk artikel, video, maupun audio. Konten ini dimuat dalam media online dengan membuat blog atau website atau di submit ke media lain. Seperti konten video yang di submit ke Youtube. Lantas cara mendapatkan uang dari konten yang ada di internet adalah dengan memasang iklan PPC atau Pay Per Click. Seperti dengan memasang iklan Google Adsense. Setiap terjadi klik iklan atau per 1000 tayangan iklan, si pemilik website bisa memperoleh komisi.

  1. Bisnis Dropship

Dropship merupakan salah satu sistem penjualan produk online di mana si penjual tidak perlu mempunyai produk sendiri.  Penjual juga tidak repot untuk melakukan proses pengiriman barang pada pembeli. Tugas utama dropshipper yaitu melakukan pemasaran produk dan berkomunikasi bersama dengan calon pembeli. Setelah deal, pembeli mentransfer pembayaran ke dropshipper. Dropshipper mengirim pembayaran ke supplier sesudah mengambil selisih keuntungan. Lalu supplier akan mengirim barang ke pembeli.

  1. Affiliate Marketing

Affiliate marketing merupakan salah satu jenis pemasaran yang berbasis kinerja. Dalam hal ini seorang marketer berperan sebagai makelar online. Tugasnya adalah untuk mempertemukan calon pembeli dengan penjual dan memperoleh komisi hanya bila terjadi penjualan. Peran dari affiliate marketer adalah mengarahkan pengunjung pada website toko online dengan memakai link khusus.

Jika penjualan terjadi lewat link khusus tersebut, maka merchant bisa mengetahui siapa yang menjual produk mereka. Lalu makelar bisa memperoleh komisi. Besaran komisi telah ditentukan oleh pihak merchant misalnya 30% dari nilai jual produk tersebut.

  1. Jual Produk atau Jasa Sendiri

Belajar bisnis online bagi pemula bisa dilakukan lewat berbagai macam cara. Ada yang menjadi dropship, affiliate marketing, content publisher dan anda juga bisa menjual produk atau jasa sendiri. Bila anda mempunyai produk atau jasa sendiri, maka anda dapat memanfaatkan internet sebagai media pemasarannya. Misalnya anda bisa membuat website toko online untuk pemasaran. Membuat akun media sosial seperti instagram, twitter, dan facebook kemudian memasarkan produk anda di sana.

Memilih Bisnis Online Yang Tepat

Jika anda serius dalam belajar berbisnis online, maka sebagai pemula anda harus tahu bagaimana cara memilih bisnis online yang cocok. Biasanya para pemula sering menanyakan pertanyaan ini. Sebenarnya yang bisa menjawab pertanyaan ini adalah anda sendiri. Sebab yang paling tahu mengenai kemampuan dan minat seseorang adalah dirinya sendiri.

Anda harus membangun bisnis online yang sesuai dengan minat dan juga kemampuan anda. Atau paling tidak bukan sebuah bisnis yang membuat anda bosan. Sebaiknya selalu gali potensi yang ada di dalam diri anda pelajari hal-hal dan juga lakukan riset tentang kemampuan anda itu. Lalu temukan unsur bisnis yang menghasilkan kemudian lakukan inovasi.

Sukses Dalam Berbisnis Online

Ada berbagai banyak hal yang bisa mempengaruhi kesuksesan di dalam menjalankan bisnis online. Namun secara garis besar di sini ada dua faktor yaitu faktor eksternal atau dari luar dan faktor internal yang berasal dari diri sendiri. Dari kedua faktor tersebut yang paling banyak pengaruhnya pada kesuksesan bisnis seseorang adalah faktor internal atau dengan kata lain ditentukan dari diri kita sendiri.

Pelajari dan Praktekkan

Jika ini menjalankan bisnis tentunya anda harus memiliki pengetahuan yang memadai semua bisnis pastilah seperti itu adanya. Di dalam bisnis online anda dapat belajar sekaligus mempraktekkan pada waktu yang bersamaan. Tanpa perlu takut kehilangan modal yang besar seperti yang terjadi pada bisnis konvensional.

Lantas yang jadi pertanyaan di mana bisa belajar bisnis online bagi pemula yang paling tepat? Pada waktu anda menggali informasi dasar tentang bisnis online tidak harus mengikuti kursus atau seminar yang berbayar. Tetapi bila anda mempunyai biaya lebih maka anda bisa mengikuti seminar atau kursus bisnis online.

Sebenarnya ada banyak website yang dapat diakses secara gratis bagi anda yang ingin belajar basic bisnis online anda bisa mencarinya di internet dan mempelajarinya setelah menggali informasi dari berbagai situs maka diharapkan anda tahu apa saja jenis bisnis online yang cocok untuk anda.

Saat anda sudah ketemu dengan model bisnis online yang sesuai dengan kemampuan dan minat anda. Maka fokuslah dalam belajar dan menjalankan model bisnis itu hingga anda berhasil. Memang di dalam menjalankan bisnis online tidak mudah, semua pemula tentu merasakan hambatannya. Dan jika tetap fokus serta konsisten, maka tidak menutup kemungkinan bahwa bisnis yang anda jalani bisa berhasil. Kuncinya adalah selalu fokus dan sabar.

Fokus dan Pantang Menyerah

Anda tentu perlu keberanian, anda harus berani untuk menyisihkan penghasilan bagi keperluan bisnis. Seperti biaya pembelian domain dan hosting, biaya pembelian paket kursus bisnis online, biaya promosi dan masih banyak lagi biaya lainnya. Anda harus berani dan juga siap rugi. Di samping itu, anda harus berani untuk meninggalkan kebiasaan lama dan berkorban untuk kesuksesan bisnis online anda bagi masa depan. Seperti jika anda sering hangout dengan teman atau pacar. Setelah memutuskan bisnis online maka kebiasaan tersebut wajib dikurangi untuk sementara.

Di dalam belajar dan juga menjalankan bisnis online ada dua kemungkinan yang bisa terjadi antara sukses atau gagal. Namun sebenarnya tidak ada yang namanya gagal selamanya dan anda pun juga tidak akan mengalami kesuksesan selamanya. Yang menentukan sukses atau gagalnya seseorang adalah dirinya sendiri.

Kegagalan memang bisa saja terjadi walaupun anda sudah fokus belajar bisnis online bagi pemula dan juga mempraktekkannya dengan semaksimal mungkin. Anda dapat belajar dari kesalahan serta kegagalan yang sebelumnya pernah terjadi dan menjadikan kegagalan itu sebagai sebuah pelajaran yang berharga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *